Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Digunakan

Laptop Lemot atau lambat saat pertama kali dinyalakan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Begitu juga ketika laptop sedang digunakan. Kebanyakan orang sering beranggapan bahwa hal tersebut terjadi akibat adanya virus. Namun hal itu bisa saja bukan virus akan tetapi karena ada hal lain yang menyebabkan kinerja laptop jadi lamban. Untuk lambat akibat virus tentu kita bisa melakukan scanning dengan anti virus, namun jika disebabkan oleh kerusakan software atau hardware tentu harus kita cek dulu satu persatu. 

Sering kali orang melakukan update software di laptop tanpa memperhatikan spesifikasi yang diperlukan oleh si software, ini juga salah satu penyebab kenapa laptop jadi lambat. Kalau spesifikasi laptop melebihi yang dibutuhkan software tentu bukan menjadi masalah, akan tetapi jika sebaliknya tentu menjadi masalah. 
Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Digunakan

Saat download di internet terkadang orang tidak tahu mana link unduh atau download yang sebenarnya. Karena tidak sedikit orang justru mengklik jenis iklan unduhan aplikasi toolbar atau ads yang bisa memberatkan kinerja laptop. Untuk itu berikut adalah cara memperbaikinya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Digunakan

1. Pertama adalah Sistem operasi mengalami crash atau kerusakan pada file pendukungnya. untuk mengatasinya bisa dengan melakukan repair atau refresh ulang Sistem Operasinya. Untuk caranya adalah dengan memasukkan DVD/USB installer, kemudian kita pilih repair atau dengan cara mengembalikan ke pengaturan sebelumnya yaitu memilih recovery.

2. Selanjutnya Untuk mengatasi aplikasi yang berjalan saat startup adalah dengan membuka run di start kemudian ketikkan msconfig - klik OK - kemudian pilih startup dan klik task manager. Maka akan muncul aplikasi yang langsung berjalan ketika laptop pertama kali dinyalakan. Untuk menonaktifkannya kita bisa klik kanan kemudian klikdisable.

ms config

start up
3. File Terlalu penuh atau terlalu banyak aplikasi yang terinstall bisa juga menyebabkan laptop maupun komputer menjadi lambat. Untuk mengatasinya adalah dengan menghapus file tersebut. Sedangkan untuk program kita bisa buka Control Panel , pada program klikUninstall program kemudian akan muncul banyak program aplikasi yang terinstall di laptop. Pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus dengan mengklik 2x atau klik kanan pilih uninstall.

control panel

uninstall program

4. Yang keempat adalah OS yang terinstall terlalu tinggi versinya. Sementara spesifikasi laptop terlalu rendah. Untuk itu sebelum menginstall sebaiknya sesuaikan OS dengan spesifikasi laptop. Jika sudah terlanjur sebaiknya install ulang saja.

5. Masalah berikutnya adalah kerusakan hardware, yang sering terjadi adalah hardisk mengalami bad sector atau rusak. Selain itu prosessor terlalu panas juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk masalah ini sebaiknya dibawa ketukang servis saja.

Itulah bebertapa cara dalam menangani laptop lambat, baik pada saat booting startup. Cara tersebut berlaku untuk windows 7 maupun windows 8.1 karena pada dasarnya caranya juga sama. Semoga bermanfaat.

1 Response to " Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Digunakan "

  1. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak dan Sesuai posting