Cara Upgrade RAM Laptop Biar Cepat Loading

Upgrade RAM (Random Access Memory) pada laptop umumnya agar loading laptop jadi lebih cepat dari biasanya. Namun hal ini berlaku apabila kita menambahkan memori RAM yang lebih besar. Misalnya pada laptop RAM aslinya adalah 1GB, kemudian kita upgrade atau ditambah biar lebih besar menjadi 3GB. Maka hal tersebut akan berpengaruh baik pada kinerja laptop maupun komputer. Untuk harganya juga bervariasi mulai dari 200 ribu rupiah hingga 800 ribu rupiah. Hal ini tergantung dari kapasitas memorinya. Saat ini kapasitas yang masih banyak dijual adalah 1 Giga hingga 8 Giga.

RAM sendiri ada beberapa jenis, seperti DDR1, DDR2 maupun DDR3. Untuk laptop zaman sekarang ini semuanya menggunakan versi terbaru yaitu DDR3. Fungsi umum dari RAM adalah sebagai penyimpanan sementara. Jadi jangan sampai RAM terlalu penuh karena menunggu antrian untuk diproses. Jika terlalu penuh inilah laptop bisa menjadi lemot bahkan bisa hang. Pada laptop biasanya sudah disediakan 2 socket sebagai tempat RAM. Jadi kita bisa juga memasang 2 sekaligus RAM didalamnya. Sehingga tiak perlu mencopot RAM bawaan pabriknya.

Cara Upgrade RAM Laptop

Bongkar dulu casis pada laptop
Tidak semua jenis laptop lokasi RAM nya sama. Ada yang cuma membongkar penutup dibagian belakang saja, ada juga yang harus membongkar total casing laptopnya. Untuk itu sebelum membongkar, cek dulu dimana lokasi RAMnya.

Mencopot RAM
Cara mencopot RAM sebenarnya sangat mudah, karena kita hanya merenggangkan pengunci di kedua sisinya. Dalam posisi direnggangkan kita bisa mencabut RAM tersebut.
Upgrade RAM Laptop


Memasang RAM
Untuk memasangnya juga sama mudahnya, yaitu kita tinggal memasukkannya dalam posisi sedikit miring, kemudian kita dorong sampai masuk sampai pengunci disisi socket mengaitnya.
memasang RAM

Menutup Kembali Casis
Setelah pekerjaan diatas selesai tinggal kita tutup kembali casisnya, dan jangan sampai ada baut yang tertinggal atau kurang. 

Mencobanya
Yang terakhir adalah mencobanya, apakah penambahan RAM sukses atau belum, jika sudah maka loading laptop akan lebih cepat dibanding biasanya. 

Jadi cukup mudah sebenarnya untuk mengganti RAM, Yang sulit biasanya adalah ketika membongkarnya apabila untuk upgrade nya harus bongkar total. Pada cara diatas sebenarnya sebelum ditutup, kita coba hidupkan laptop dulu tidak masalah juga. Namun kalau sudah yakin ya ditutup langsung juga tidak masalah. Semoga bermanfaat. Lihat juga kenapa hardisk atau flashdisk terbaca sedikit di laptop?