Cara Mudah Membuat Hotspot Sendiri Dengan Laptop

Membuat hotspot sendiri dirumah memang dapat memudahkan kita untuk sharing internet via jaringan wifi. Biasanya orang membuat hotspot menggunakan router sebagai transmitter wifinya. Namun kali ini laptopkeren.com akan berbagi tips bagaimana cara membuat jaringan wifi sendiri tanpa menggunakan router atau sejenisnya. Berarti kita cuma membutuhkan laptop yang sudah terkoneksi internet saja. Namun dengan syarat laptop sudah dilengkapi fitur wlan didalamnya. Tapi biasanya laptop/ notebook zaman sekarang sudah ada fitur wifinya. Untuk mempermudah sharing internet via wifi sebaiknya gunakan software wifi virtual router seperti connectify, mhotspot, virtual router, my router, sevengate dan sebagainya. Software tersebut ada yang gratis dan berbayar. Untuk praktek saja yang gratisan juga sudah OK dan mantap hasilnya. Oleh sebab itu berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjadikan laptop sebagai hotspot.
  1. Pastikan laptop sudah aktif wireless nya
  2. Pastikan laptop sudah terinstall software wifi virtual router, jika belum silahkan download terlebih dahulu, kemudian install di laptop. sudah banyak dishare di internet. 
  3. Pastikan laptop terkoneksi dengan internet, bisa lewat jaringan LAN, Modem USB, wifi, yang jelas sudah konek ke internet.

Cara Mudah Membuat Hotspot Sendiri

Setelah semua dipersiapkan langkah selanjutnya adalah mengaktifkan hotspotnya. Kebetulan admin menggunakan software mHotspot, hal ini karena software ini gratis dan mudah didapatkan. Jika anda ingin mencobanya silahkan download di laman resminya www.mhotspot.com/download/

Setelah software tersebut terinstall, tinggal kita buka saja programnya di desktop
ikon mhotspot di desktop
Selanjutnya akan muncul tampilan program mHotspot seperti pada gambar dibawah ini.
aplikasi mhotspot
  • Pada hotspot name isikan nama terserah saja
  • Kemudian pada Password isikan huruf atau angka, minimal 8 karakter.
  • Pada Internet source pilih jenis koneksi yang akan dishare, jika via modem USB pilih sesuai profil yang aktif. Jika melalui LAN pilih Ethernet.
  • Untuk Max Clients isikan batas maksimum pengguna wifi yang bisa terhubung.
  • Jika sudah klik Start Hotspot.
  • Maka laptop anda akan share jaringan internet. 
Setelah hotspot sudah aktif kita bisa menghubungkan perangkat kita yang lain seperti Android, Blackberry, Laptop lain ke jaringan tersebut. Dengan begitu jika kita cuma pakai sebuah modem kita bisa bagikan koneksi internetnya ke teman-teman dirumah. Itulah sedikit tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat. Baca juga mengenai cara gampang convert video atau musik di laptop.

0 Response to " Cara Mudah Membuat Hotspot Sendiri Dengan Laptop "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan Sesuai posting