Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Jika anda pernah belajar TIK kelas IX di SMP/ MTS tentu pernah diajarkan tentang pengertian macam-macam topologi jaringan komputer. Namun sayangnya untuk kurikulum 2013 (K13) pelajaran TIK sudah ditiadakan. Jadi jika belum pernah mengenal tentang apa itu topologi jaringan, kali ini laptop keren akan share mengenai pengertian beserta jenis-jenisnya secara lengkap disini.

Pengertian Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah metode atau cara untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer menjadi sebuah jaringan yang saling terhubung dengan menggunakan media kabel atau tanpa kabel (nirkabel). Sehingga setiap pengguna komputer (user) bisa saling berbagi data tanpa harus memindahkannya melalui perangkat eksternal. Kabel yang digunakan umumnya adalah jenis kabel UTP atau RJ45. dan coaxial Setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan dan kelemahan. memilih jenis topologi jaringan biasanya ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah biaya, jumlah PC (komputer), fungsi dan kebutuhannya. 

Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Seperti pada judul diatas ada beberapa jenis topologi yang diterapkan didunia ini. untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi Peer to peer

Merupakan jenis topologi yang paling sederhana yakni dengan menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah kabel saja. Untuk menghubungkkannya biasanya menggunakan jenis kabel UTP yang dipasang menyilang atau biasa disebut cross over. Dan hanya digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau laptop saja. Untuk kelebihannya tentu sudah jelas, selain harga yang murah juga mudah dalam pemasangannya


Topologi Linear

Merupakan jenis topologi yang menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah kabel utama yang dihubungkan ke masing-masing titik sambungan komputer. Kelebihan jenis ini adalah harga yang cukup murah dan membutuhkan sedikit kabel saja. Sedangkan kekurangannya adalah kepadatan lalu lintas data bisa terjadi, apalagi untuk share dengan banyak komputer. Sehingga hal ini menyebabkan pengiriman dan penerimaan data lebih lambat.

Topologi Ring

Seperti namanya metode ini adalah menghubungkan beberapa komputer secara melingkar layaknya cincin. Kelebihannya selain hemat kabel dan biaya adalah mrmiliki performa yang lebih baik dari topologi sebelumnya. Untuk kelemahannya adalah jika salah satu koneksi terputus yang lain juga ikut putus.

Topologi Bus

Adalah jenis topologi yang terhubung begitu rapi layaknya antrian. Metode ini penerapannya hanya dengan mengggunakan kabel coaxial. Untuk itu masih bisa dibilang cukup sederhana. Kelebihannya adalah penambahan client baru sangat mudah. sedangkan kelemahannya adalah pengiriman yang kurang efisien.

Topologi Star

Merupakan jenis topologi yang membentuk pola bingtang dalam penyembungan kabelnya. Masing-masing komputer biasanya akan terhubung dengan HUB. Dengan metode ini kelebihannya adalah jika salah satu komputer putus, maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan banyak kabel dalam instalasinya.

Topologi Mesh

Merupakan jenis topologi jaringan komputer dimana setiap komputer akan saling terhubung dengan kabel. Namun kelebihannya cukup banyak diantaranya adalah pengiriman data lebih cepat, aman, dan bandwith lebih besar. Kelemahannya proses instalasi yang cukup rumit, karena setiap komputer akan saling terhubung dengan kabel. 
Baca juga cara mudah membuat hotspot sendiri dilaptop
Nah itulah pengertian dan jenis-jenis topologi jaringan komputer dasar yang harus diketahui dalam jaringan komputer. mengenai jenis topologi lainnya seperti hybrid, tree atau hirarki itu adalah pengembangan atau gabungan dari topologi sebelumnya. Makanya disini laptop keren tidak akan membahasnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to " Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan Sesuai posting